by

Kesimpulan Jurnalistik Dasar

Dengan membaca postingan ini, Anda diharapkan sudah merampungkan bacaan materi pada Bab I Jurnalistik Dasar. Diharapkan, Anda memiliki komptensi sebagai wartawan pemula.

Sekadar mengingatkan, kita meringkas materi-materi yang telah diberikan pada Jurnalistik Dasar;

  1. Berita adalah informasi baru atau informasi sesuatu yang tengah terjadi, disajikan lewat bentuk cetak, siaran, internet atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak.
  2. Wartawan, Pewarta atau Jurnalis adalah orang yang memberikan kabar atau informasi kepada khalayak.
  3. Seseorang menjadi wartawan diharapkan bukan karena didorong oleh keinginan untuk memperoleh materi yang melimpah ruah, tetapi lebih diharapkan muncul motivasi memperjuangkan nilai-nilai tentang banyak hal. Jika motivasi materi, sebaiknya seseorang menggagalkan niatnya untuk menjadi wartawan.
  4. Persyaratan paling utama untuk menjadi wartawan adalah peduli terhadap sekitarnya, kesadaran tentang nilai-nilai tertentu dan menjaga kepercayaan. Persyaratan lainnya berupa tingkat pendidikan, pengetahuan dan lain-lainnya bisa dilatih dan diasah secara terus menerus.
  5. Wartawan mendapatkan berita dengan cara tidak direncanakan dan direncanakan. Tidak direncanakan, ketika terjadi suatu peristiwa mendadak seperti kecelakaan lalu lintas. Berita terencana didapatkan dengan cara mengunjungi lembaga-lembaga tertentu atau menggarap isu dengan lebih seksama.
  6. Wartawan menilai berita itu layak dengan mengajukan pertanyaan; Apakah berita itu baru? Apakah tidak biasa atau di luar kelaziman? Apakah penting? Apakah menyangkut orang? Dan Seberapa kuat berita itu berpengaruh pada khalayak?
  7. Sebelum menulis berita, wartawan menyiapkan pengumpulan informasi yang berupa fakta, data dan keterangan-keterangan pihak yang terlibat dalam kejadian itu.
  8. Wartawan hingga saat ini memfavoritkan rumus kuno yang ajaib 5 W + 1 H dalam menulis berita dan menggunakan struktur berita Piramida Tebalik.
  9. Lead atau intro berita paling cocok untu wartawan pemula adalah straight news. Banyak nama lead atau intro ini seperti straight news, simple news, peg news, hard news dan sebagainya. Semua nama itu merujuk pada intro atau lead yang langsung pada pokok persoalan, ringkas dan tidak menimbulkan penafsiran yang berbeda.
  10. Wartawan harus menulis berita dengan jelas, tidak boleh menggunakan kata-kata yang menimbulkan berbagai penafsiran.
  11. Wartawan juga harus hemat kata dalam menulis berita.
  12. Pembuatan judul harus mencerminkan isi berita, menggunakan kalimat pendek dan penggunaan kata yang tepat.
  13. Terkhir, wartawan harus melakukan beberapa langkah sebelum berita itu diserahkan kepada editor. Langkah itu antara lain membaca ulang naskah berita, memeriksa lead atau intro, cek fakta-fakta dalam berita, memeriksa penggunaan bahasa, membaca berita agar tidak merepotkan napas pembaca, dan sebaiknya menuliskan berita lebih panjang dari kuota yang ditetapkan editor.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed