by

Menggunakan Lead Straight atau Simple

Banyak istilah yang disematkan pada kepala berita. Ada yang menyebut intro, ada juga yang mengatakan lead. Tetapi di kalangan wartawan atau jurnalis disebut lead atau kepala berita. Bagi wartawan pemula, sebaiknya menggunakan lead yang ringkas atau simpel, meski lead jenis ini pun hingga sekarang tetap menjadi favorit bagi wartawan yang sudah bertahun-tahun menggeluti profesinya.

 

Lead yang ringkas ini dikenal dengan beberapa istilah. Ada yang menyebut straight news (langsung), ada yang mengatakan peg news (pasak) dan ada yang menggunakan istilah simple news. Semua istilah itu mengacu kepada sebuah lead yang dibuat sedemikian rupa dengan ringkas, langsung atau tidak bertele-tele.

Dalam posting sebelumnya, kita sudah dikenalkan dengan rumus ajaib dan struktur berita piramida terbalik. Mari kita ambil contoh dari informasi yang dikumpulkan dalam posting Persiapan Menulis Berita. Dari informasi yang dikumpulkan itu, maka kami mencoba menyusun berita dengan struktur piramida terbalik dan lead yang ringkas. Sebagai berikut:

Lead:

Sebanyak 15 pelajar SMKN 2222 Pandeglang tewas setelah truk Nopol A 75556 PA yang mengangkut mereka jatuh ke jurang di tanjakan Mengger. Pandeglang, Minggu (2/2-2014), pukul 12.00 WIB. Sedangkan 35 pelajar lainnya menderita luka parah.

Neck:

Polisi masih menyelidiki penyebab kecelakaan truk pengangkut pelajar itu. “Sementara ini kami menduga kecelakaan disebabkan jalan menjadi licin akibat hujan deras yang turun. Truk tidak kuat menanjak dan tergelincir ke jurang,” kata polisi di tempat kejadian.

Body:

Keterangan yang dihimpun menyebutkan, truk itu dikemudikan oleh Madun (35) mengangkut 40 pelajar SMKN 2222 Pandeglang ke tempat diselenggarakan Jambore Pramuka di Mengger, sekitar 15 Km sebelah selatan dari Kota Pandeglang. Ketika truk berangkat dari sekolah, hujan deras turun, sehingga bagian belakang truk dipasang penutup terpal agar para pelajar tidak basah. Setiba di tanjakan Mengger, truk tidak kuat menanjak. Akibatnya, truk itu merosot dan terguling dan jatuh ke jurang yang berada di pinggir jalan itu.

Body:

Andi, pelajar SMKN yang selamat mengaku tidak mengetahui persis peristiwa itu karena dia bersama teman-temannya berada di bagian belakang yang ditutup terpal. “Aku tidak bisa lihat apa-apa, tiba-tiba truk terguncang. Aku pingsan,” katanya yang ditemui di Puskesmas Mengger. Andi mengalami luka di kepala dan kakinya.

Perhatikan gambar struktur berita yang berdasarkan berita di atas:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed