by

Pendahuluan Jurnalistik Dasar

Anda tidak bisa lepas dari berita. Setiap hari, bahkan boleh jadi setiap jam Anda menerima berbagai puluhan hingga ratusan berita. Ada berita yang disampaikan secara lisan oleh tetangga ketika bertandang ke rumah, ada juga berita melalui surat atau email. Dan yang paling umum adalah berita yang didistribusikan oleh perusahaan media berupa cetak, internet, radio, televisi dan lainnya.

 

Pada abad ini dan yang akan datang, penyampaian berita akan sangat jauh berbeda. Kecepatan distribusinya begitu dahsyat. Hanya hitungan detik, Anda sudah bisa membaca, mendengar atau menonton sebuah peristiwa yang sedang berlangsung. Anda tidak perlu waktu lama untuk memperoleh berita. Ada internet, ada radio dan televisi. Semua itu berkat kemajuan teknologi yang terus berkembang secara pesat.

Pada dasarnya, orang senang mendengarkan berita mulai dari masalah yang berada di lingkungannya hinga ke belahan manapun di bumi ini. Masalahnya, orang tidak selalu mempercayai berita-berita yang diperolehnya. Orang membutuhkan sesuatu yang bisa dipercaya bahwa berita yang disampaikan sesuai fakta-fakta dan mendekati kebenaran. Dan, orang merasa yakin tentang hal itu karena dijalankan oleh orang-orang yang memiliki kompetensi di bidangnya. Orang itu adalah wartawan atau jurnalis.

Dalam konteks itu, pada Bab I Jurnalistik Dasar, diperkenalkan apa itu berita dan apa itu wartawan, lalu motivasi orang ingin menjadi wartawan. Bagaimana membuat berita dengan mudah serta bagaimana para jurnalis memperoleh berita. Tak hanya itu, diperkenalkan juga teknik-teknik membuat berita mulai dari lead ringkasan, piramida terbalik dan penggunaan kalimat yang efektif.

Jika sudah mempelajari Bab I Jurnalistik Dasar, kami berharap, pembaca setidaknya mengetahui dan lebih diharapkan untuk bisa membuat berita secara benar. Metode-metode yang diperkenalkan bisa digunakan secara praktis dan merupakan metode umum untuk para wartawan pemula.

Hanya perlu diingat, jurnalistik yang diperkenal di sini merupakan ilmu terapan yang bermakna ilmu ini akan terasah dan terkuasai dengan benar jika sering digunakan atau setiap hari dilatih. Semakin banyak Anda menulis, maka Anda semakin mahir dan siap untuk melangkah ke bab-bab berikutnya untuk mempelajari Jurnalistik Tulis Lanjutan dan Mahir.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed