by

Struktur Berita Piramida Terbalik

Salah satu alat untuk menuntun wartawan menyusun berita adalah piramida terbalik. Alat itu merupakan struktur berita yang menempatkan informasi dengan urutan prioritas paling penting di bagian atas, kemudian disusunan berikutnya dengan derajat penting yang berbeda-beda.

 

Apa manfaat menyusun berita dalam bentuk piramida terbalik? Manfaat utama dari struktur piramida terbalik berkait dengan space atau ruang dalam halaman yang disediakan untuk memuat berita. Ketika berita itu terlalu panjang dan tidak cukup untuk dimuat di halaman yang disediakan, maka editor bisa membuang bagian berita itu mulai dari paling bawah atau derajat informasi pentingnya yang paling rendah yang biasanya diletakan di bagian bawah atau akhir berita.

Dalam kondisi ekstrem, ruang atau halaman yang tersedia untuk berita itu hanya cukup untuk memuat lead atau kepala berita. Lead berita itu harus tetap layak sebagai sebuah berita yang memiliki informasi bermanfaat bagi pembaca. Ini bisa dilakukan dengan mencampur teknik penulisan dengan rumus ajaib 5 W + 1 H. Sehingga berita yang telah dipotong hingga tersisa hanya lead bisa bermakna bagi pembaca.

Perhatikan gambar struktur berita berbentuk Piramida Terbalik di bawah ini:

Lead / Prioritas Utama Penting

Lead atau kepala berita merupakan puncaknya. Pada urutan paling puncak yang menempati derajat prioritas utama pentingnya informasi ini, wartawan harus menuliskan informasi utama. Setidaknya, pada bagian ini wartawan harus menjawab sebagian besar unsur 5 W + 1 H. Kenapa begitu? Jika pemotongan berita yang dilakukan editor karena keterbatasan halaman, berita ini masih memiliki arti dan layak sebagai sebuah berita.

Neck / Sangat Penting

Neck atau leher berita menempati urutan sangat penting. Bagian ini disebut neck atau leher karena umumnya merupakan peralihan alur atau penyambung alur ide berita yang ada pada bagian lead atau kepala berita untuk dilanjutkan pada gagasan-gagasan yang tertuang pada bagian berikutnya yang menempati derajat prioritas lebih rendah.

Body / Penting

Pada bagian body, umumnya merupakan penjabaran dari gagasan berita yang termaktub dalam lead dan neck. Penjabaran itu bisa merupakan jawaban why (mengapa) dan how).

Body Lanjutan / Kurang Penting

Di bagian ini, berbagai data yang tidak terlalu penting ditempatkan. Misalnya daftar nama orang-orang yang mengalami kecelakaan atau hal-hal lain yang jika dihilangkan oleh editor tidak terlalu berpengaruh terhadap substansi atau pokok bahasan berita tersebut.

Nah, pada sesi berikutnya, kita akan menelaah sebuah lead, intro atau kepala berita yang simpel atau ringkas.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed