by

Teknik Lead Ringkasan / Summary

“Teknik lead” atau intro ringkasan merupakan teknik yang paling banyak digunakan wartawan, termasuk wartawan pemula dalam menyampaikan berita pada khalayak. Mari kita cermati apakah kelebihan dan kekurangan teknik lead atau intro ringkasan tersebut.

Banyak nama yang disematkan pada teknik menulis dengan menggunakan lead ringkasan. Ada wartawan yang menyebutnya straight news yang merujuk pada langsung pada pokok persoalan, ada nama peg news yang berarti pasak yang dimaknai dengan hampir sama dengan straight news. Ada pula simple news atau berita yang simpel atau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti mudah atau tidak rumit. Ada juga yang menyebutnya Hard News, makna terjemahannya adalah berita keras.

Kita pernah sekilas membahas lead jenis ini pada posting Menggunakan Lead Straight atau Simpel pada Bab I Jurnalistik Dasar. Pada Bab II ini, kita mencoba untuk membahas lebih rinci dan mencermati ciri-ciri teknik lead ringkasan, kelebihan dan kekurangannya.

Cermati contoh-contoh lead atau intro ringkasan atau summary;

Contoh 1:

Warga Crimea, Ukraian, memasuki tempat-tempat pemungutan suara dalam referendum untuk menentukan mereka memisahkan diri dari Ukraina dan bergabung dengan Rusia, Minggu (16/3/2014) pagi.

Contoh 2:

Hari ketiga pelaksanaan festival musik Future Music Festival Asia (FMFA) 2014 di Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (15/3/2014) dibatalkan oleh kepolisian Malaysia dengan alasan keselamatan dan keamanan.

Contoh 3:

Bentrokan kembali terjadi di kota pelabuhan utara Libanon, Tripoli. Bentrokan terjadi antara kelompok bersenjata lokal yang bersaing di lingkungan Bab Al-Tabbaneh dan Jabal Mohsen telah menewaskan sebelas orang, Minggu, 16 Maret 2014.

Contoh-contoh lead atau intro berita di atas menunjukan penggunaan lead ringkasan atau straightnews. Lead itu memiliki ciri-cir sebagai berikut;

Pertama, lead ringkasan atau straight news langsung mengemukakan pokok persoalan yang akan dibahas. Lead ini lebih mengutamakan fakta untuk segera disampaikan.

Kedua, umumnya lead ini segera menjawab apa yang termaktub dalam rumusan 5 W + 1 H. Memang tidak seluruh rumusan itu dijawab dalam lead, tetapi setidaknya sebagian besar sudah dicantumkan di lead.

Ketiga, struktur berita yang menggunakan lead jenis ini adalah piramida terbalik agar hal-hal yang tidak penting tetap bisa dikemukakan, tetapi ditulis di bagian-bagian akhir. Tujuannya jika berita itu terpaksa dipotong karena melebihi kuota halaman, berita masih bisa dibaca selayaknya berita.

Keempat, fakta yang tercantum dalam lead biasanya sangat tergantung pada waktu. Ketika fakta itu berubah, maka fakta dalam lead itu menjadi basi atau tidak relevan lagi.

Kelima, umumnya lead ringkasan digunakan oleh wartawan yang berkerja di kantor berita, media online, radio dan televisi. Media jenis ini membutuhkan laporan yang real time.

Berikut ini beberapa kelebihan dari lead ringkasan;

Pertama, pembaca segera mengetahui pokok persoalan atau berita apa yang akan disampaikan oleh wartawan.

Kedua, berita yang disusun berdasarkan piramida terbalik memudahkan pembaca untuk mengetahui hal-hal yang paling penting dalam berita itu. Boleh jadi, orang hanya sempat membaca aline pertama dan kedua, belum membaca keseluruhan berita. Tetapi ini pun sudah cukup untuk mengetahui informasi paling penting dari berita itu.

Ketiga, umumnya penggunaan bahasa dalam lead ini sangat lugas dan hemat. Ini tidak akan menimbulkan berbagai penafsiran atas fakta-fakta yang dikemukakan.

Sedangkan kekurangan dari lead ini adalah:

Pertama, fakta yang dikemukakan dalam lead sangat tergantung waktu. Karena itu, sering ditemukan kata-kata, hingga berita ini dikirimkan dan seterusnya. Ini berarti bisa jadi fakta yang dikemukakan pada sore hari, bisa tidak sama dengan keadaan ketika berita itu dimuat dan diedarkan. Ini sering terjadi pada media cetak.

Kedua, wartawan terkesan tidak memiliki improvisasi karena leadnya kaku, hanya mendasarkan pada fakta-fakta yang “kering”. Kesan dari berita jenis ini juga kuran berimajinasi dalam penulisan tanpa mengingkari fakta-fakta.

 

Nah silahkan cermati media cetak, online, radio dan televisi – apakah lead ringkasan ini banyak digunakan?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed