by

Teknik Menulis Lead: Suspend / Penangguhan

Teknik lead suspend atau penangguhan termasuk lead yang unik, karena berlawanan dengan prinsip dalam membuat berita, yaitu fakta penting harus segera disajikan pada awal kalimat kepada pembaca. Sebaliknya, dalam lead ini, fakta itu ditangguh untuk menimbulkan rasa penasaran atau menggugah keinginan tahu pembaca.

Tetapi tetap harus diingat, penangguhan fakta penting untuk memberikan jawaban terhadap rasa ingin tahu pembaca, tidak boleh terlalu berkepanjangan. Apalagi jawaban atau fakta penting itu ditaruh di bagian tengah atau akhir tulisan. Jika ini terjadi, berita atau tulisan jurnalistik menjadi lebih mirip dengan cerita pendek atau karya sastra.

Selain itu, jika editor terpaksa memotong bagian tertentu pada berita tersebut, ini berakibat hilangnya fakta penting atau jawaban. Akhirnya, pembaca tidak mengerti apa yang mau disampaikan wartawan dalam berita itu.

Umumnya, penggunaan lead suspend atau penangguhan diterapkan pada berita yang disebut softtnews, bukan pada hardnews. Ada juga yang menyebutkan, lead suspend lebih cocok diterapkan pada features, yaitu artikel jurnalistik yang tidak terikat pada waktu. Pengertian tentang hardnews, softnews dan features akan dijelaskan lebih rinci pada postingan lainnya.

Perhatikan contoh berita yang menggunakan lead suspend, tetapi jawaban atau fakta penting itu terlalu lama ditunda oleh wartawan.

Mujab (38) bersama istrinya terkejut menyaksikan pintu pagar rumahnya di Kampung Sumupercung, Kota Serang terbuka lebar. Padahal ketika ditinggalkan pagi harinya, Kamis (20/3-2014), pintu pagar tertutup rapat. Dia masih ingat mengunci pintu pagar dengan dua gembok besar dan diikat dengan rantai.

Karena khawatir, Mujab bersama istrinya tidak langsung masuk ke halaman rumahnya. Dia sengaja mendatangi tetangganya, Kasmin. Kepada Kasmin, dia menceritakan keadaan pagar rumah yang terkesan telah dibongkar oleh orang yang belum diketahui. Dia juga bertanya, apakah ada sesuatu yang mencurigakan selama dia dan istrinya meninggalkan rumah itu.

Akhirnya, Mujab dan istrinya ditemani Kasmin masuk ke halaman rumah. Mereka melihat kaca jendela pecah dan pintu rumah terbuka lebar. Di halaman itu terdapat bekas-bekas ban mobil yang diduga merupakan ban mobil truk, karena bekas ban itu cukup lebar. Ketika masuk dalam rumah, ternyata rumah itu sudah kosong. Hampir seluruh isi rumah hilang mulai dari lemari, meja, komputer dan sebagainya.

Mujab sadar telah terjadi perampokan di rumahnya. Buru-buru, dia mengeluarkan telepon genggam dan melaporkan hal itu ke polisi setempat.

Cermati contoh di atas. Fakta penting yang ditangguhkan untuk segera dikemukakan kepada pembaca adalah maling telah masuk ke rumahnya dan membawa hampir seluruh isi rumah. Diduga, perabotan itu diangkut dengan truk. Dan, fakta penting itu ditaruh di paragraf ketiga dan keempat. Di paragraf ini, pembaca baru mengetahui bahwa terlah terjadi perampokan di siang hari.

Seandainya, halaman yang tersedia tidak mencukupi dan dua paragraf terakhir dihilangkan, maka pembaca tidak memperoleh informasi apa-apa terhadap berita itu, selain Mujad dan istrinya serta Kasmin yang kebingungan. Ini merupakan contoh penggunaan lead suspend yang biruk

Mari kita coba perbaiki contoh berita tersebut;

Mujab (38) dan istrinya terkejut menyaksikan pintu pagar rumahnya di Kampung Sumupecung, Kota Serang terbuka lebar, Kamis (20/3-2014). Seingatnya, pagar itu dikunci rapat. Ketika berada dalam rumah, keduanya sadar maling telah membawa hampir seluruh isi rumahnya. Mereka melaporkan hal itu kepada polisi setempat.

Sebelum memasuki rumah, Mujab dan istrinya mendatangi tetangganya, Kasmin. Keduanya khawatir terjadi apa-apa, kemudian menceritakan kondisi pintu pagar itu kepada Kasmin. Akhirnya, Mujab dan istrinya ditemani Kasmin untuk memeriksa rumah tersebut. Di dalam rumah, Mujab mengetahui perabotannya sudah raib mulai dari kursi, meja, komputer, perangkat pakaian dan sebagainya.

Mujab menduga, maling itu beroperasi tidak sendirian. Mereka menggunakan mobil truk untuk mengangkut isi rumah. Ini terlihat dari bekas ban di halaman rumah. Ban itu berukuran dan bermotif khas ban mobil truk.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed